Aplikasi Mobile Banking Sebagai Bentuk Dari Perkembangan Teknologi Informasi Di Bidang Perbankan

Apa Itu Mobile Banking Yuk Ketahui Kelebihan Dan Kekurangannya

A.Ringkasan:

Mobile banking, juga dikenal sebagai m-banking, adalah layanan perbankan online. Layanan ini memberikan informasi tentang keadaan keuangan seseorang melalui cek, transfer, pembayaran, pembelian, dll. Untuk kenyamanan nasabah, transaksi dapat dilakukan dari jarak jauh tanpa harus ke bank atau ATM. Jika nasabah puas dengan kecepatan, ketepatan dan kemudahan penggunaan layanan mobile banking, penting untuk dicatat bahwa salah satu tujuan dari aplikasi m-bank ini telah tercapai. Selain itu, jika nasabahnya tidak puas dengan layanan ini, maka aplikasi M-Bank akan berdampak negatif terutama dalam hal keamanan informasi pribadi mereka. Aplikasi M-Bank akan menjadi salah satu risiko dalam menggunakan layanan. Oleh karena itu, kerahasiaan informasi nasabah sangat penting dan harus diperhatikan dan ditingkatkan oleh pihak bank.

Kata kunci: mobile banking, keuntungan, risiko penggunaan mobile banking

B.Ringkasan:

Mobile banking, juga dikenal sebagai m-banking, adalah layanan perbankan online. Layanan ini memberikan informasi tentang keadaan keuangan seseorang melalui cek, transfer, pembayaran, pembelian, dll. Untuk kenyamanan nasabah, transaksi dapat dilakukan dari jarak jauh tanpa harus ke bank atau ATM. Jika nasabah puas dengan kecepatan, ketepatan dan kemudahan penggunaan layanan mobile banking, penting untuk dicatat bahwa salah satu tujuan dari aplikasi m-bank ini telah tercapai. Di sisi lain, jika nasabahnya tidak puas dengan layanan ini, terutama dari segi keamanan data pribadinya, aplikasi m-banking ini akan memiliki nilai negatif – itu akan menjadi salah satu risiko penggunaannya. layanan aplikasi m-banking. Oleh karena itu, kerahasiaan informasi nasabah sangat penting dan harus diperhatikan dan ditingkatkan oleh pihak bank.

Kata kunci. Mobile banking, pro dan kontra menggunakan mobile banking

kan Latar Belakang

See also  BRIN: Teknologi Cegah Kehilangan Pangan Perkuat Ketahanan Pangan ANTARA

Diakui, penggunaan teknologi informasi meningkat pesat. Seiring berjalannya waktu, teknologi berkembang sangat pesat, salah satunya adalah ketersediaan internet. Internet telah menyediakan layanan telekomunikasi, sumber informasi, dll. kepada penggunanya di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan pengguna internet untuk mempelajari segala sesuatu dari kecil hingga besar.

Menurut APGI (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia), media sosial kini menjadi fenomena baru yang menggantikan kebutuhan dasar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Menurut We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat 1,03% atau 204,7 juta sejak Januari 2022. Di Indonesia, di sisi lain, pengguna internet tahun lalu mencapai 202,6 juta (Anur, 2022).

Kemajuan teknologi informasi saat ini mempengaruhi beberapa sektor, salah satunya adalah sektor perbankan. Perbankan merupakan salah satu sektor terpenting dalam perekonomian dunia. Sektor perbankan juga tidak mau kalah di bidang lain. Sektor perbankan akan mendapat manfaat dari perkembangan teknologi informasi, yang akan membantu mempercepat dan meningkatkan proses perbankan. Saat ini, semua bank di Indonesia menawarkan layanan perbankan online untuk memudahkan transaksi nasabah.

Mobile banking atau m-banking adalah aplikasi perbankan berbasis IT. M-banking merupakan layanan self service yang memberikan kebebasan kepada nasabah (Wulandari & Moeliono, 2017). Nasabah dapat bertransaksi kapan saja, dimana saja tanpa harus ke bank atau ATM. Aplikasi ini memudahkan pelanggan untuk mempercepat proses transaksi. Bagi perbankan, internet banking atau mobile banking merupakan solusi untuk menghemat infrastruktur ATM (Agustina, 2017). Tentu saja, mobile banking menawarkan banyak keuntungan.

Selengkapnya Sosbud Ilmu Agama

Tinggalkan komentar

Berikan komentar yang rasional. Tanggung jawab penuh atas komentar ada pada pemberi komentar sebagaimana didefinisikan oleh undang-undang ITE

Kirim

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar!

See also  Perkembangan Teknologi Rukyat AlHilal

Tampilkan semua komentar (0)

[Tips] Teknologi informasi bank

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post